29 Juli 2015

Drama Online Shop di Instagram

Mumpung abis bantuin nyokab ngetik dan laptop masih nyala, mau curhat deh tentang olshop di Instagram. Terhitung udah hampir 3 tahun aku punya olshop @wawawiskyflanel di Instagram. Paling baru 2 tahun terakhir ini aja aktif di Instgram. Seperti misalnya, produk baru ditambah, memperbaiki kualitas foto agar menarik banyak follower, hingga ikutan beberapa cara promosi mulai dari SFS-an sampe buat akun promote di Instagram.

Dengan usaha yang NGGAK SEBENTAR, akhirnya bisa juga ngumpulin follower sekitar 2300-an. Itu pencapaian yang cukup memuaskan loh. Bisa dapat like banyak juga rasanya bikin kerja jadi semangat, bikin jadi lebih kreatif untuk nulis caption sampe mikirin ide konsep foto. Nah, pasti sakit hati dong udah capek-capek mikirin ide konsep buat fotonya, cari posisi moto agar pencahayaannya kece dan pas, eh tau-tau pas kita posting di Instagram, ada olshop lain yang dengan SEENAKNYA "nyolong" foto kita. Padahal ya, padahal... itu foto udah ada watermarknya. Malingnya nggak kreatif.

Waktu awal-awal bikin akun olshop di Instagram, yang jualan mawar flanel seperti produkku itu bisa dihitung pake jari. Sejak tahun 2014, mulai banyak olshop yang jual mawar flanel. Kepo dong pasti? Yaiyalah... hampir tiap minggu, aku pasti survey hestek #mawarflanel untuk lihat siapa aja olshop yang jual produk yang sama denganku. Ternyata banyak. Dari yang hasilnya nggak layak jual sampe yang memang beneran oke untuk dibeli. Dari yang olshop baru sampe yang awalnya jualan baju/kerudung/dll tau-tau ikutan latah jualan mawar flanel. Ckck..

Dari sekian banyak olshop itu, ternyata ketakutanku pun terjadi. Awalnya ngerasa nggak enak gitu. Ternyata bener, fotoku banyak yang "dicolong" olshop baru untuk ngisi koleksi foto di IG mereka supaya kesannya jualannya nggak baru-baru amat. Hemmmm, gemes banget rasanya. Gak cuma foto yang "dicolong", tapi juga ide produkku dipake sama beberapa dari mereka. OMAIGAT! Rasanya pengen ngacak-ngacak  yang punya IG aja deh T.T

Ternyata jualan di Instagram, tantangannya banyak banget yaaa.. bikin jualan jadi drama menye-menye banget! Jualan di Instagram itu keras, bro sis. Harus kuat mental. Harus tegas kalau ada hal-hal yang nggak ngenakin semacam "kecurian" seperti aku ini. Harus banyak-banyak bersabar kalau ngeliat banyak pesaing yang "cari jalan pintas" buat dapetin pelanggan: seperti misalnya ngambil foto tanpa izin, njiplak karya, sampe ada yang nyuri follower kita juga loh. (temen aku mengalami yang ini).

Susah memang kalau jadi pelopor atau orang pertama yang berhasil menciptakan sesuatu. Apalagi produk yang aku jual ini termasuk buatan tangan, yang butuh kreatifitas dan keteletian. Nah banyak orang cuma ngincer hasil atau duitnya aja, tapi kreatifnya nggak pake otak dan moral. Takut nggak dapet pelanggan, akhirnya pake foto orang sembarangan. Yaelah.... harga menentukan kualitas kali. Kalau dari awal juaannya udah nyolong foto orang kayak gitu sih, insya Allah hasilnya juga nggak berkah. Bukannya mau nyumpahin, tapi dia udah nipu banyak orang loh kalau kayak gitu. Sedih ih.

Saran aja buat kalian yang pengen jualan di Instagram atau media sosial lainnya:
1. Jangan lupa kasih WATERMARK di foto produk ya. Temenku saja yang sudah pakai watermark gede-gede di foto produk, masih kecolongan.
2. Jangan pernah menggunakan foto orang lain tanpa izin. Kuncinya kamu harus PD sama hasil karyamu sendiri.
3. Jangan pernah diam saja kalau foto produkmu dipakai orang lain tanpa izin. Kamu berhak menegur dan meminta mereka untuk tidak menggunakan fotomu lagi loh.
4. Selalu ingat, Allah nggak pernah tidur. Allah bisa lihat mana yang usaha cari berkah pas jualan dan yang cari jalan pintas demi mendapat kekayaan. Rejeki kita nggak akan pernah tertukar :)

Panjang juga curhatnya pagi ini hahaha. Tapi lumayan deh, jadi lebih meredam emosinya. Tinggal menunggu hasil saja, apakah teguranku tadi digubris atau didiemin aja sama yang punya olshop. Nggak habis pikir deh kalau ternyata dia nggak tahu maluuuu wkwk.

Sekian dulu ya drama olshopnya :D :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar