9 September 2011

Cita-Citaku, Ingin Jadi...



Kalau bicara soal cita-cita, sejujurnya gue nggak bisa jawab cita-cita gue pengen jadi apa nantinya. Padahal waktu dulu, gue seakan jelas banget kalo gue punya segudang cita-cita. Hmm- lebih tepatnya impian. Tapi sekarang? Haduuh, gue seakan abstrak gue nggak jelas mau jadi apa nanti setelah lulus kuliah. Yg gue tau mah, gue pengen jadi sarjana. Setelah itu, belum tau.

Agak samar-samar gue mengingat cita-cita gue semasa kecil. Yg gue tau, cita-cita gue selalu berubah-ubah. Kalau nggak salah inget, waktu SD gue punya cita-cita pengen banget jadi guru. Mungkin keinginan itu terbentuk gara-gara gue keseringan ngeliat guru gue ngajar di sekolah. Mungkin juga, saat itu gue berpikir bahwa jadi guru itu enak. Apalagi kalo udah menjelang akhir semester, bisa dapet banyak bingkisan dari muridnya. Hahahaha padahal mah kalau dilihat lebih dalam, jadi guru nggak sepenuhnya enak. Itu yg gue tau saat ini.

Pernah juga, gue bercita-cita pengen jadi model *alamak~ nggak penting abis* gara-garanya gue yg sering berlangganan tabloid mingguan, sering banget lihat iklan tentang dunia modeling yg terpampang di beberapa halaman tabloid. Mungkin waktu itu gue berpikir, kalau gue jadi model, gue bisa jadi artis. Kalau gue bisa jadi artis, gue bisa punya banyak uang dan bisa ngebantuin kondisi perekonomian bokap nyokab gue. Niat yg baik memang… tapi gue nggak mikirin risiko apa yg bakal gue dapet kalo gue ikutan ajang-ajang jadi model itu. Sekolah gue bisa terbengkalai, gue nggak punya waktu buat belajar-main-santai-dll, dan privasi gue buat semua orang ckck-

Seiring berjalannya waktu, pernah jug ague pengen jadi pelukis. Kalo ini masih agak nyambung alasannya kenapa gue pengen jadi pelukis. Karena gue merasa, gue punya bakat. Gue bisa gambar, Cuma perlu latihan lebih intensif aja maka bakat itu bisa jadi keahlian tersendiri nantinya. Secara bokap gue juga pelukis. Tapi sayang, lambat laun gue menyadari kalo melukis itu Cuma hobi buat gue. Di saat lagi seneng aja ngejalaninnya, maka gue rutin menekuninya. Tapi kalau udah bosen, yaudah gue cari kesenangan yg lain.
Sampai akhirnya, ada satu cita-cita yg begitu lama melekat dalam hati dan pikiran gue. Gue pengen jadi penulis. Penulis novel. Penulis cerpen. Pokoknya penulis. Itu yg gue ucapkan saat gue mulai menyadari ada hobi baru pas SMP. Tiap hari gue nuliiiiis terus. Bahkan kesenangan gue menulis itu jadi merambat nggak hanya nulis cerita fiksi aja, tapi gue suka nulis apa aja. Nulis cerita, nulis catetan pelajaran, nulis diary, nulis catetan yg ditugasin guru di papan tulis, anything! Hahaha udah gila kayaknya gue. Sampe demen banget nulis.

Nah, keinginan gue buat jadi penulis ini bahkan berkembang sampe gue SMA. Gue nggak Cuma nulis cerita buat dibaca sendiri. Tapi gue mulai mem-publish tulisan gue lewat media jejaring social gue. Dari cerpen, puisi, cerbung sampe tulisan motivasi atau tulisan nggak jelas. Yg bikin seneng adalah banyak dari temen-temen gue yg suka baca tulisan-tulisan gue. Mereka selalu ninggalin komentar setiap habis baca tulisan gue. Dari yg Cuma komentar Cuma-Cuma, sampe yg mengkritik soal tulisan gue yg mengalami banyak kesalahan. Dan… gue merasa seperti menjadi seorang penulis betulan karena tiap minggunya mereka nunggu tulisan-tulisan gue yg lain. Seneng nggak sih kalau tulisan lu dibaca apalagi ditungguin sama orang-orang? :D

Akhirnya, bisa dipastikan bahwa keinginan gue memang kepengen jadi penulis. Gue pengen tulisan-tulisan gue bisa dipublish dan dibaca sama masyarakat luas. Nggak Cuma sama temen-temen deket aja. Gue berusaha dengan kirim cerpen gue ke majalah ini-itu. Sampe nyoba yg lebih ekstrem yaitu ngirim naskah gue ke beberapa penerbit. Meskipun sampe saat ini satupun belum ada hasilnya, fufufu T.T tapi seenggaknya gue udah berusaha untuk mewujudkan harapan gue yg kepengen jadi penulis. Karena menurut gue, seseorang akan benar-benar diakui sebagai penulis jika karyanya juga sudah diakui di masyarakat (baca: udah ada hasil, ada yg diterbitkan). Tapi usaha gue belum juga membuahkan hasil, hem.

Sampe suatu hari, gue lulus SMA. Gue ikut berbagai maca tes dan ujian masuk perguruan tinggi. Hasrat gue yg pengen belajar tentang dunia tulis menulis lebih dalam lagi, gue pengen kuliah di jurusan sastra. Karena buat gue jurusan itu emang pas aja, apalagi gue yg pengen tau banyak hal tentang cara menulis yg baik dan benar lewat jurusan satu ini. Dan gue rasa Ssatra Indonesia jurusan yg tepat. Gue pilih UI dan UNJ. Bedanya, kalau di UNJ, gue kuliah untuk dipersiapkan jadi guru Bahasa Indonesia nantinya. Kalau di UI meluas, bisa jadi pengajar atau mungkin penulis. Tapi sayang, gue nggak diterima di jurusan itu, eh malah jurusan Sastra Jawa yg menerima gue. Tapi setelah gue pikir-pikir, kalau dasarnya masih sama-sama sastra, kenapa nggak? Toh gue emang pengen belajar sastra yg bisa membimbing gue jadi penulis nantinya. Bedanya kan hanya bahasanya saja, bahasa Jawa yg gue pelajari.

Lambat laun, gue menjalani banyak proses pembelajaran. Dulu, waktu SMA, gue pernah bilang sama guru Bahasa Indonesia gue, Bu Lucy namanya, bahwa kalau nanti gue kuliah di jurusan Sastra Indonesia, gue akan ambil penjurusan ke bidang Linguistik. Tapi tiba-tiba keinginan gue musnah seketika setelah gue tau belajar Linguistik itu nggak gampang, bahkan sangat sulit! Ini sama aja kayak gue belajar matematika yg nggak pernah gue ngerti selama di SMA! So complicated! Butuh pemahaman yg bener-bener pahaaaam. Dan gue mulai merasa kesulitan di sini…

Proses pembelajaran gue selama kuliah di jurusan Sastra Jawa, sedikit membuat gue lupa, kalau gue pernah punya cita-cita mau jadi penulis. Sekarang, gue merasa hasrat itu mulai memudar sedikit demi sedikit. Mungkin karena jurusan yg gue pelajari berbeda dengan apa yg gue harapkan selama ini. Dan yg bisa gue simpulkan hanya satu, bahwa untuk menjadi penulis itu, kita nggak perlu belajar lewat Sastra! Belajar sendiri juga bisa. Buktinya gue sudah punya banyak naskah dari cerpen, puisi hingga novel. Semuanya berkat otodidak. Berkat keseringan baca novel atau cerpen orang dan belajar lewat tulisan mereka.

Dan kini gue menyadari, hasrat pengen jadi penulis itu memudar karena jiwa suka membaca gue juga mulai padam. Ketekunan gue yg doyan banget baca sampe-sampe tiap bulan pasti selalu beli novel baru, kini sudah nggak tau ke mana perginya, ke mana bersembunyinya. Gue merasa diri gue mulai lengah, malas-malasan. Mungkin karena cita-cita gue yg nggak jelas ini mau jadi apa. Makanya gue juga jadi ikutan nggak jelas mau ngapain sekarang.

Kuliah Cuma jadi identitas kalau gue ini mahasiswa, apa begitu ya? Supaya gue nggak malu sama temen-temen gue kalo gue nggak kuliah. Dan lagian sayang juga kalau mau dilepas kuliah gue ini. Gue udah bayar maha dan susah payah masuk UI. Apalagi jurusan yg gue capai beda-beda tipis lah sama harapan gue dulu, Sastra Indonesia.

Sekarang, gue harus bagaimana gue bener-bener nggak tahu, hahaha
Gue Cuma kepengen jiwa membaca dan menulis gue bangkit lagi kayak jaman dulu, tapi semua itu seakan tertinggal entahlah di mana. Gue sadar semua ini terhenti dan tertahan sejak gue focus ujian akhir pas SMA. Gue stop baca novel dan nulis prosa. Inilah jeleknya sifat gue. Saat gue meninggalkan sesuatu dan berusaha nggak peduli, akhirnya jadi nggak peduli beneran dan banget-banget sampe melupakannya. Ckck-
So, cita-cita gue mau jadi apa gue nggak tahu. Yg penting gue ngejalanin hidup gue ini apa adanya aja dulu. Jangan dengan rasa terpaksa apalagi diharuskan melakukan ini itu yg sebenernya belum tentu gue mau melakukan itu.

Let it flow, baby~ halah, hahahaha

Semuanya akan indah pada waktunya kok. Toh cita-cita itu bisa aja Cuma jadi suatu perantara supaya kita termotivasi untuk semangat menjalani hidup. Supaya hidup lu nggak flat-flat aja, ada warnanya, ada turunan tanjakannya, ada seninya lah pokoknya. Jadi nggak Cuma lurus-lurus aja, nggak Cuma hitam putih aja, apalagi Cuma bengong-bengong aja.

Cita-cita gue sekarang adalah:

  • 1.        Hmm- gue (mungkin) masih pengen jadi penulis. Kalau gue nggak bisa nulis cerpen atau novel selancar dulu, gue akan terima itu. Yg penting gue masih bisa nulis di blog, di Twitter atau catatan Facebook, hihi.
  • 2.        Gue pengen nilai IP gue naik karena dua semester ini datar-datar aja nggak ada perubahan meski Cuma 0,01.
  • 3.        Gue pengen bisa jalan-jalan ke tempat-tempat yg menarik yg berhubungan dengan jurusan perkuliahan gue ini. Sumpah demi apapun yaaa- gue berharaaaap banget bokap nyokab gue mau ngijinin gue yg pengen trip sana-sini. Gue bener-bener menggantungkan banyak harapan dari semua trip-trip perjalanan gue nanti. Siapa tau ada yg bisa nyangkut buat jadi bahan skripsi, hihi
  • 4.        Gue pengen bisa lancer ngomong bahasa jawa mameeeeen. Gila! Gue kuliah 4 tahun lamanya nanti, kalau lulus tapi nggak bisa ngomong jawa, bisa malu gue! Diketawain abis-abisan mungkin gue sama semua orang yg menentang gue kuliah di jurusan ini ckck-
  • 5.        Gue pengen jadi SARJANA, coy! Pengen bikin emak babeh gue nyengir lebar atau malah tersenyum haru ngeliat anaknya bisa pake toga hahaha
  • 6.        Gue pengen bisa kerja dan tinggal di Solo atau Jogja. Nggak jadi peneliti, nggak jadi budayawan juga sih. Nggak tau jadi apa. Yg penting pengen tinggal di sana aja hahaha
  • 7.        Gue pengen bisa jadi orang yg berpengaruh buat orang lain. Buat bokap nyokab gue kek, adek gue kek, keluarga gue kek, pacar gue mungkin juga, temen-temen, sahabat, dosen, everybody everyone! :D
  • 8.        Gue pengen nikah. Punya suami, punya anak kembar. Punya rumah, punya keluarga bahagia. Itu juga termasuk salah satu cita-cita gue, nggak muna lah hahaha
  • 9.        Dan yg pasti, cita-cita terakhir adalah gue pengen masuk SURGA! Amiiin :D

Cita-cita nggak harus jadi dokter, guru, artis, presiden, professor bahkan apapun lah itu semua. Apapun yg lu pengenin, gue rasa itu juga termasuk cita-cita lu kok. Cita-cita kan beda tipis sama impian. Apa sama ya? Hahaha whatever lah, yg pasti apapun cita-cita lu, apapun keinginan dan harapan lu, lu harus bisa berusaha mewujudkan semua itu. Dan yg lebih penting, dengan cara lu sendiri, coy! Hasilnya akan lebih ‘mengena’ kalau lu mau berusaha sendiri dan tanpa merepotkan orang lain. Karena yg bisa mewujudkan semua keinginan lu kan ya Cuma lu sendiri, orang lain nggak berperan banyak :)

So, gue rasa hidup kita akan lebih bahagia kalau kita punya cita-cita, keinginan, harapan, untuk diraih. Jangan pernah takut untuk bermimpi, teman-teman. Selama bermimpi itu bisa membuat lu mau belajar dan berusaha mendapatkan semua itu. Karena gue percaya, bahwa di balik keberhasilan akan semua itu, kita bakal mendapatkan kebahagiaan hidup yg tiada tara. 

Don’t forget to try this at your life! Let’s make our dream come true!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar