9 September 2011

temenan sob!

Ckck- nggak jelas banget ini gue dari tadi mau nulis apaan. Sekali nulis, apus. Sekali nulis, apus. Nggak jelas banget. Kayak nggak punya tujuan. Atau karena terlalu banyak tujuan, makanya jadi bingung? Ckck-

Yang terlintas di kepala gue saat ini adalah tentang sebuah persahabatan. Tentang sebuah pertemanan. Menurut lu, sahabat itu apa sih? Teman itu apa? Apa bedanya teman dengan sahabat? Dan apa bedanya teman, teman dekat, dan sahabat? Nah lu? Bingung kan? Hahaha #plak

Bicara soal dunia pertemanan atau persahabatan, gue punya kisah sendiri tentang hal itu dalam hidup gue. Nyokab gue bilang, sejak gue kecil, gue termasuk orang yg gampang berteman. Pernah suatu hari saat gue kecil, nyokab bilang gue hobi banget manggil semua orang yg lewat di depan rumah. Entahlah itu dari mbak-mbak, ibu-ibu, bapak-bapak, atau anak-anak seumuran gue. Mungkin karena gue saking supelnya kali ya, makanya sampe overdosis gitu manggil-manggil orang-orang yg lewat, haha

Gue lagi ngeraba-raba nih mencoba mengingat kembali masa-masa gue waktu TK. Yg gue inget, saat itu gue termasuk anak yg pemberani. Gue punya banyak teman. Bahkan saat gue TK, gue pernah naksir sama sepupunya temen TK gue yg suka jemput dan ikutan main di TK gue setiap pulang sekolah. Hahahaha gila! Gue udah puber dari TK, mameeen hihihi :p

Selain pemberani, gue juga gampang gaul sepertinya. Karena gue gampang aja gabung sama orang-orang sejak gue kecil. Gue kayak nggak punya malu. Mau kenal mau nggak, pasti gue ajak ngobrol itu orang kalau gue udah tertarik sama orang itu. Pernah juga nih, gue inget banget waktu gue mau mudik ke Surabaya naik kereta bisnis. Gue lupa saat itu gue umur berapa tahun, yg pasti gue masih kecil banget. Mungkin TK. Kebiasaan rutin gue kalo mudik adalah selalu menyempatkan beli buku cerita atau buku bergambar di stasiun. Begitu berangkat naik kereta, ada salah sekeluarga bahagia duduk dekat tempat duduk gue dan nyokab bokap gue.  Gue lupa mereka duduk di depan, belakang atau sebelah tempat duduk gue. Mereka keluarga yg sama kayak gue, Cuma bawa satu anak. Peremupuan juga. Nah, di situlah gue mulai beraksi. Dengan SKSD-nya, gue deketin tuh mereka dan ngajak ngobrol si anak perempuan yg saat itu sudah kelas 4 SD. Hahahaha senior banget buat gue saat itu. Tapi, ternyata dia seneng main sama gue. Dan dasarnya masih bocah yak, gue langsung pamer kalo gue punya buku cerita baru ke dia. Sepanjang perjalanan, gue sama dia nggak bisa diem di saat orang-orang udah pada tidur karena kelelahan. Hahaha kita malah bercanda-canda di kolong tempat duduk wkwk-

Tapi sayang, begitu kita turun di stasiun kota tujuan, kita terpisah dan gue nggak pernah lagi ketemu sama dia. Bahkan gue lupa namanya siapa hihi. Yg pasti, mungkin sekarang dia udah nikah atau lagi serius kuliah S2. Yg penting, dia adalah salah satu bagian dari perjalanan hidup gue. Semoga dia baik-baik aja di sana dan sukses selalu :D

Lanjut yuk ahh~
Waktu SD, kehidupan pertemanan gue juga lumayan menyenangkan. Gue masih sama dengan gue yg sebelum SD. Gue yg SKSD sama orang dan sangat supel, gampang banget bergaul. Makanya waktu SD temen-temen gue banyak. Bahkan gue juga akrab temenan sama adek-adek kelas gue. Nggak menutup kemungkinan, gue juga akrab sama temen-temen sekelas kakak sepupu gue yg kelasnya satu tahun di atas gue, kita juga satu sekolah waktu SD. Bahkan sampe SMP.

Begitu gue masuk SMP, gue juga masih dengan gue yg kayak waktu TK dan SD, hehehe :p menyenangkan loh bisa punya sifat yg mudah bergaul sama orang lain. Bahkan untuk ngajak kenalan seseorang pun, gue nggak perlu maju-mundur ketakutan keringet dingin dulu, hahahaha. Apalagi waktu SMP, setiap tahun ajaran baru kelas gue pasti berubah. Mau nggak mau gue harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yg baru, temen-temen baru yg sama sekali nggak gue kenal hampir 80%. Dan kalo gue Cuma bermodal malu-malu, gue nggak akan bisa punya temen kumpul di sana-sini. Makanya waktu SMP gue kenal banyak orang.
Pernah loh, waktu SMP gue naksir kakak kelas. Dan gue tau kalo kakak kelas yg gue taksir itu orangnya cukup pendiem banget. Nah, kebetulan banget kan gue ini orangnya nggak punya malu. Jadi yaaa~ terjang aja, hahahaha. Gue lupa pertama kali kenalan sama dia gimana, yg pasti gue selalu mencoba mengakrabkan diri gue kalo lagi bareng dia. Tujuannya Cuma satu, supaya dia merasa nyaman deket gue. Tapi ya namanya belum jodoh, kakak kelas gue malah jadian sama temen sekelasnya waktu itu. Hmm- ya mungkin karena gue yg salah timing, deketin dia di saat dia lagi suka sama seseorang hahaha, oke cukup. Lupakan. Hem~

Kehidupan pertemanan gue waktu SMA juga nggak beda jauh sama yg sebelumnya. Gue yg SKSD sama banyak orang, nggak pernah takut atau malu untuk ngajak kenalan dan ngajak ngobrol duluan, selalu berusaha akrab dengan siapapun, berhasil membuat gue dikenal banyak orang waktu SMA. Meskipun gue ini bukan orang penting macem anggota OSIS atau ketuanya sekalipun, atau siswa berprestasi yg namanya disebut saat upacara tahun ajaran baru, apalagi yg lain-lainnya. Gue Cuma siswa biasa, sama kayak yg lain. Temen-temen gue banyak. Dan kasusnya sama kayak waktu SMP, kelas gue waktu SMA diacak selama tiga tahun. Risikonya yam au nggak mau gue harus beradaptasi lagi-lagi dan lagi. Setiap tahun.
Waktu SMA kelas 10, di kelas gue ada beberapa siswa yg merasa mereka temen satu perkumpulan yg asik banget. Gue sih melihatnya seperti itu. Tapi sayang, keadaan itu membuat gue menyadari bahwa di dalam satu kelas ini justru terbentuk beberapa blok dalam berteman. Jadi sudah ketahuan kalau si A mainnya sama kumpulan yg ini-ini aja anak-anaknya. Dan itu nggak Cuma satu blok, tapi banyak. Hmm-

Apalagi, salah satu dari perkumpulan anak-anak itu mungkin merasanya gue adalah bagian dari mereka. Tapi maaf-maaf aja, gue nggak pernah masuk ke dalam bagian dari mereka. Gue merasa diri gue ini netral, sangat netral sekali dalam berteman. Gue nggak mau berkumpul dengan orang yg hanya itu-itu saja. Menurut gue bersosialisasi itu penting. Selain untuk nambah banyak temen, gue juga bisa memahami banyak sifat dan karakter orang lain yg berbeda-beda. Gue bahkan bisa belajar banyak hal dari mereka semua. Itulah untungnya jika kita nggak menempatkan diri kita hanya di satu tempat.

Perjalanan hidup gue semakin berkembang begitu gue punya adek kelas pas SMA. Seneng rasanya bisa punya adek kelas. Jadi gue bisa berteman dengan mereka dan memperluas jaringan pertemanan gue. Alhasil, gue dikenal pula di angkatan mereka. Malah saat gue lagi perlu bantuan yg ada hubungannya dengan adek-adek kelas gue itu, gue nggak perlu susah payah mencari bantuan. Dengan senang hati mereka mau bantuin gue. Selain masalah bantuan dan perluasan jaringan, gue juga bisa tahu bagaimana sih kehidupan persahabatan adek-adek kelas gue itu dengan teman sebaya mereka. Dan gue bisa membandingkan dengan kehidupan pertemanan temen-temen seangkatan gue. Ada yg menarik begitu kita menemuka perbedaan di salamnya. Keuntungannya adalah, kita bisa tahu banyak hal tentang keduanya di saat salah satunya mungkin tak saling mengetahui. Hadeh~ bahasa gue ngebingungin yak? Hahaha

Masa-masa SMA emang masa-masa paling indah yak? Itu kata sebagian orang. Buat gue sih, ya nggak juga ah. Ada nggak indahnya juga soalnya. Hahaha

Tapi kalo urusan punya temen berapa banyak, memang pas SMA temen-temen gue itu banyaaaaak banget :D apalagi yg bikin gue seneng, meskipun kita udah pisah di sana-sini saat kelulusan, hubungan gue masih baik dengan mereka semua. Alhamdulillah :D mereka juga nggak pernah segan minta bantuan dan pertolongan kalau lagi ada masalah ke gue. Apalagi soal curhat-curhatan. Kebanyakan dari temen-temen gue, mereka begitu mempercayakan gue dalam urusan curhat-curhatan. Bukannya sombong atau apa, tapi emang begitu kenyataannya. Sejujurnya gue seneng banget, karena itu artinya mereka memang nyaman dan percaya sama gue :D

Tapi mendadak semuanya berubah begitu gue masuk ke dunia perkuliahan. Nggak ada lagi sekolah, guru dan temen-temen yg bener-bener ngerti tentang apa maunya kita, tentang bagaimana kita. Tapi yg ada Cuma kampus yg isinya orang-orang yg amat sangat individualis. Nggak ada yg peduli saat kita berjalan di kantin kampus atau perpustakaan, mungkin pinggir kali sekalipun. Semuanya sibuk dengan diri mereka masing-masing.

begitu gue punya temen di kampus, gue menyadari adanya kasus blok-blok dalam berteman itu masih ada. Gue hapa orang-orang yg mainnya sama dia-dia aja tanpa maubergabung dengan yg lain. Dan sialnya, gue masuk ke dalam kelompok itu (dengan tanpa sadar dan tanpa kemauan dari diri gue). Aaaah~ gue pengen banget cerita, kalo kisah dunia pertemanan gue saat gue kuliah nggak seindah waktu gue TK-SD-SMP-SMA :’( gue ngerasa banget kalo temen-temen gue ini senengnya kalo main sama orang yg dia-dia aja, tanpa mau bergaul sama yg lain yg siapa tau kita bisa menemukan sesuatu yg baru di sana, tapi sayang, gue bener-bener nggak bisa berbuat apa-apa sekarang :’(

terkekang, itu yg paling gue rasain saat gue berteman dengan seseorang. Yah, mungkin seseorang itu merasa sangat-sangat nyaman sama gue. Tapi sayang, sejujurnya gue nggak terlalu nyaman berteman dengan dia. Gue merasa dia terlalu angkuh dalam menceritakan dirinya sendiri, dia terlalu tinggi dalam berkata-kata, dan dia teerlalu sok tahu. Dan dia juga terlalu egois dan kekanak-kanakan. Hampir setahun gue temenan sama dia. Yg kita lakukan ya selalu bareng, curhat-curhatan, bercanda, diskusi. Tapi entah kenapa gue nggak pernah merasa nyaman saat bareng dia :’(

ketidaknyamanan itu mulai Nampak dan semakin terasa saat gue ingin menambah teman dalam hidup gue. Siapa sangka begitu gue dekat dengan teman yg lain, gue justru dicemburui. Ck- belum lagi saat gue punya pacar, gue merasa harus mencari cara bagaimana bisa terlepas dengan teman gue ini. Karena gue merasa dia selalu ngikutin gue ke mana aja. Masa iya gue pacaran bertiga sama dia? Nggak lucu dooong~

Gue sampe stress banget mikirin bagaimana cara menghadapi temen gue yg satu ini. Sedangkan gue adalah orang yg netral dan nggak mau terikat dengan siapapun apalagi dalam urusan berteman kayak gini. Nggak ada yg bisa ngelarang gue untuk bergaul dengan siapapun, dan orang nggak berhak cemburu atau nggak suka kalau gue mau temenan sama siapa aja. Masalahnya, kelemahan gue adalah gue orangnya nggak enakan, jadinya gue nggak pernah bisa nolak saat temen gue yg ‘agak’ protektif itu mulai dengan keegoisannya sendiri, ckck-

Peristiwa ini bikin gue sadar akan banyak hal. Pacar gue pernah bilang, kalau dunia kita saat SMA dan sebelunya nggak akan pernah bisa sama apalagi terulang saat kita ada di dunia setelahnya yaitu saat kuliah atapun kerja nanti. Dan, ya, gue mengiyakan juga kata-katanya. Dan gue bener-bener pusing menghadapi itu semua.

Selain itu, gue juga menyadari bahwa ternyata ada loh orang yg ‘brother complex’ ataupun 'sister complex’ di dunia nyata. Gue pernah baca kisah seperti itu di novel fiksi. Gue kira di dunia nyata itu nggak pernah ada tipe orang yg kayak gitu. Tapi ternyata, gue salah besar.
Intinya, dalam berteman itu gampang-gampang susah. Mungkin ini risiko buat gue, orang yg kelewat supel dan overdosis dalam SKSD, jadinya ada yg kelewat nyaman bareng gue, hem. Tapi, nggak menutup kemungkinan, meskipun gue berteman dengan orang yg berisiko seperti itu, dia tetep temen gue. Dia tetep temen seperjuangan gue selama setahun terakhir kuliah. Dia temen susah seneng gue selama setahun ini. Meskipun yaaah dia egois dan childish :p

Gue Cuma berharap, kejadian ini nggak bikin gue kapok sama yg namanya nyari temen sebanyak-banyaknya. Mungkin, gue harus lebih bisa menghadapi tipe-tipe temen yg bereda-beda itu. Dan gue harus bisa lebih tegas saat gue merasa ‘ajakan’ maupun ‘cara bertemannya’ mereka itu nggak membuat gue nyaman. Karena gue bukan ingin cari musuh, tapi gue ingin cari temen sebanyak-banyaknya :D

Ini kisah gue, gimana cerita tentang temen-temen lu? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar