9 September 2011

Flashback Ala Gue

Gue bingung gimana cara memulainya. Pikiran gue belum bisa focus meskipun gue tau gue mau nulis apa sekarang. Maklum, akhir-akhir ini gue lagi banyak pikiran. Pusing jadinya. Dan yaah- nggak penting buat lu tau gue lagi ada masalah apa, hahaha

Sebenernya sih belum terhitung lama, tapi nggak bisa dibilang sebentar juga kalau gue mulai keasikan main Twitter beberapa bulan terakhir ini. Sampe-sampe tuh Facebook yg dulu paling-paling sering gue update-in status, hampir terbengkalai gara-gara gue selingkuh sama Twitter hihi

Entahlah, sejak kapan gue mulai suka main Twitter. Buat gue, Twitter yg awalnya gue rasa suliiit banget cara menggunakannya, sekarang justru menyenangkan sekali. Yg gue rasain, kalo main di twitter gue bisa ngomong apaaaa aja sesuka hati gue (tapi nggak untuk merugikan orang lain). Maksudnya, gue lebih bisa berekspresi aja kalo main di Twitter. Apalagi, di Twitter banyak hal-hal seru yg bisa bikin gue lebih kreatif dalam menulis dan mengembangkan ide atau pemikiran. Salah satu contohnya ya apa yg mau gue tulis saat ini.
Membaca judul postingan blog gue kali ini, sesungguhnya itu semua terinspirasi dari Twitter. Jadi, di Twitter gue punya temen yg hobinya update status mulu. Nah, pernah suatu hari dia update status yg isinya semuanya berhubungan dengan kata-kata ‘flashback’. Gue baru menyadari, kalau itu semua adalah cerita-cerita dia di jaman lampaunya dia dulu. Dan gue menikmati membaca update-an statusnya dia itu.

Waktu itu gue nggak sempet ikutan buat update status yg setipe dengan dia. Berhubung gue itu kalo nulis suka boros alias nggak bisa ngirit alias maunya banyak kata, jadi gue mau menuangkan cerita flashback gue dengan cara gue sendiri, yaitu lewat blog gue ini. Kayaknya seru juga bisa inget-inget kejadian-kejadian lucu pas jaman dulu. Dan nggak menutup kemungkinan, dengan kita mengingat-ingat kembali itu, kita bisa menyadari bahwa kita sudah melewati banyak fase dalam hidup. Selain itu, kita juga bisa melatih daya ingat kita supaya nggak cepat pikun, hahaha.

Dari pada berpanjang lebar lagi, lebih baik kita mulai saja sharing tentang flashback gue ke jaman dulu. Mungkin flashback gue ini agak sedikit berantakan karena gue menulisnya menurut apa yg paling cepat gue ingat, bukan menurut apa yg paling lama gue ingat. Tentu akan lebih sulit kayaknya kalau kita memaksa mengingat-ingat apapun yg jelas-jelas kita udah hampir lupa atau malah udah lupa.

Time to Flashback :D
1.      #flashback ke jaman SD gue. Dulu inget banget gue paling suka nonton kartun Jepang, Tokyo Mew-Mew setiap hari Minggu pagi. Selain itu ada juga Minky Momo. Gara-garanya ada satu episode yg menceritakan kisah cintanya Momo yg berubah jadi wanita dewasa dan ketemu sama seorang cowok dan mereka saling jatuh cinta. Hahaha sumpah, labil abis!

2.      Masih #flashback jaman SD, gue aktif banget ikutan pramuka dan selalu diikutsertakan kalau ada lomba. Bisa dibilang, gue beserta regu pramuka gue memang ‘pentolan’nya SD gue, jadi kalo ada lomba atau apapun pasti kami yg dipercaya. Sigh!

3.      Waktu SD, gue punya temen sekumpulan alias genk namanya NARAWIA, hahaha. Nama itu dibuat sama temen gue yg masih salah satu anggota dari NARAWIA. NARAWIA sendiri singkatan dari Nisa, Anis, Rara, Mega, Wati, Suci, Nadia. Kalau gak salah inget, itu kepanjangannya wkwk #flashback
4.      Hal yg paling membanggakan waktu gue SD adalah ketika gue mampu memenangkan lomba Sinopsis dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebagai pemenang juara 2 se.. se-apa ya dulu? Kalo nggak salah se-Jakarta Selatan. Tapi sayang, gue musti kalah skor pas gue ikutan lomba lagi se-kecamatan T.T #flashback

5.      #flasback soal prestasi jaman SD, selain menang lomba synopsis juara 2, gue juga pernah meraih penghargaan + prestasi terbaik gue sepanjang SD, yaitu nilai UAS gue jaman SD menduduki peringkat ketiga dari 110 murid di SD gue. Waaaah, yg paling bikin seneng lagi, penghargaan itu diumumin pas acara perpisahan SD di Cisarua. Bangga, pulang-pulang bawa piala hahay!

6.      Kalo #flashback jaman SD, gue jadi inget sama kisah percintaan gue yg nggak jelas banget. Yg sering banget gue dibilang playgirl sama temen-temen gue gara-gara gue suka gonta-ganti pacar. Padahal mah, gue aja nggak ngerti dulu pacaran apa nggak sama temen-temen cowok gue yg gue rasa gue Cuma suka sama mereka. Sayang aja, gue terlalu menarik perhatian sampe-sampe banyak orang memperhatikan gue dan gosipin gue, hahaha! Tapi yg pasti, waktu SD gue punya mantan yg baiiiik banget. Namanya Dody. Umh, emang sih sebelum pacaran sama dia, gue menyadari gue sempet pacaran sama anak baru di SD gue, tapi nggak lama. Karena Dody ini terlalu baik untuk nggak dijadiin pacar buat gue. Dan benar kan?! Dody emang cowok baik dan dewasa kalo gue bilang. Meskipun kita udah lama putus (gara-gara kelabilan gue jaman dulu trus gue putusin dia), kita tetep hubungan baik sampe sekarang :)

7.      Pas SMP, untuk pertama kalinya gue ngerasain yg namanya jatuh cinta gara-gara gue benci banget sama seseorang hahaha. Gue pernah punya pacar, sebelum pacaran gue hobinya berantem mulu sama dia. Sampe akhirnya, kita sama-sama nggak bisa bohong kalau dibalik berantem-berantem itu kita sama-sama nyimpen perasaan #eaaa hahaha #flashback

8.      Eh gue pernah loh, punya kisah sama seseorang namanya Adnan. Gue ketemu dia Cuma sekali. Sebelumnya sempet kenalan dan ngobrol lewat telepon selama seminggu. Setelah ketemuan pertama itu, gue nggak pernah ketemu dia lagi. Mau ketemu rasanya susaaaah banget. Gue kehilangan jejaknya dia. Kisah gue kandas begitu aja. Yg bikin nyesek adalah, sebelum dia ngilang itu dia bilang ‘I love you’ sama gue. Oh kampreeettnyaaa! Gue berasa digantung-gantung. Bertahun-tahun gue nunggu kabar dia sampe gue pacaran sama orang lain berkali-kali, tetep nggak pernah ketemu lagi. Sampe akhirnya, beberapa minggu yg lalu gue tau kalau dia udah NIKAH! #plak #flashback

9.      Gue nggak terlalu jaya pas jaman SMP, beda kayak waktu SD. Tapi yg pasti, di SMP gue nemuin sahabat yg bener-bener bisa jadi sahabat buat gue. Namanya Ayu dan Anis. Kalau Anis sebenernya temen satu SD gue. Pas gue ketemu sama Ayu ini, entah kenapa kita bertiga jadi sering bareng dan klop, cocok aja. Akhirnya sampe sekarang kita sahabatan dan berhubungan baik :D #flashback

10.  Gue nggak pernah punya ekskul tetap pas SMP. Dari ikutan basket yg Cuma sekali ikut latihan, terus pindah ke mading yg Cuma sekali datang juga (abis nggak jelas, gue nggak tau musti ngapain, nggak ada kerjaan). Akhirnya gue memilih untuk ngirim tulisan dan gambar manga ke madding sekolah. Atau rajin ngirim DUDU (Dari, Untuk, Dengan Ucapan) buat ngirim salam ke orang yg gue suka atau sekedar buat ngirim pesan gak jelas wkwk #flashback

11.  Begitu juga pas SMA, ekskul gue gak ada yg bener. Gue sih mengakui kalau gue anggota tetap ekskul KIR dan Reportase. Nah, di kedua ekskul inilah gue ketemu sama gebetan-gebetan yg bikin gue sakit ati gara-gara cinta gue nggak terbalas, wkwk #flashback
12.  Pertama kali pake kacamata adalah waktu SMA kelas 11. Gara-garanya waktu kelas 10, meski gue udah duduk di bangku baris kedua atau bangku depan sekalipun, tulisan di papan tulis bagai semut berjalan yg keliatannya Cuma garis buram aja. Dan jeng-jeng-jeng! Nilai gue anjlok se-anjlok-anjloknya! Hahaha #flashback

13.  Gue galau banget dulu, takut banget masuk IPS gara-gara nilai psycho-test gue cenderung ke IPS. Jelas-jelas gue paling bego pelajaran hafalan apalagi Sejarah. Belum lagi pelajaran Akuntansi yg selalu remedial membuat gue lebih yakin kalau gue emang anak IPA sejati hahaha #flashback

14.  Banyak kisah mengharu-pilu waktu gue duduk di kelas 11. Yaah~ kalau diceritain malah jadi bikin gue miris hati. Ini soal cinta yg tak terbalas padahal sebelumnya gue udah yakin kalau cinta gue bakal terbalas, mameeeen! Emang dasar cowok sialan, hahaha bisanya Cuma mainin perasaan cewek doang! Entah kenapa gue merasa itulah pertama kalinya gue ngerasain yg namanya patah hati yg begitu dalam, ckck- #flashback

15.  Dulu gue pernah ngefans berat sama yg namanya Ricky Harun. Sampe-sampe gue nyari semua artikel ttg dia di internet, Koran, majalah, dan gue buat klipingannya. Saking sukanya, gue ngayal bisa jadi istrinya, ckck- dan saking nge-fansnya, gue pernah membujuk salah seorang senior gue di ekskul Reportase untuk wawancarain Ricky Harun di rubrik artis. Gue bela-belain ke rumahnya Ricky Harun dengan modal keberanian, pede, dan yakin bakal ketemu. Tapi namanya belum rejeki, pas gue sampe di rumah Ricky Harun, nggak taunya Ricky Harunnya baru aja berangkat syuting 5 menit sebelum gue tiba. Yg jelas-jelas, gue sempet ngeliat ada mobil keluar dari rumah Ricky Harun saat gue mau turun angkot. Itu mobilnyaaaaaaaa!!! #ngenes #flashback

16.  Gue suka banget nari tradisional. Gue aktif nari pas SD. Bahkan sempet manggung di acara panggung 17-an RT hahaha tapi gue bangga :D #flashback

17.  Pas SMP, pertama kalinya gue jatuh cinta sama komik berseri. Judulnya Here We Are (Bokura Ga Ita) karya Yukii Obata. Pertama kali beli dari jilid 3-4-5, tiga komik sekaligus. Gue baca nggak sampe ada berjam-jam ketiganya. Lalu mulai mencari dan menunggu jilid berikutnya. Pas udah sampe jilid 10, gue baru beli jilid 1 dan 2 nya hahaha koplak! Sayang, gue sempet ketinggalan jilid 11 dan kehabisan stok di toko buku, akhirnya gue beli yg ke-12 dulu. Penuh perjuangan banget waktu gue ngedapetin jilid ke-11 karena untuk pertama kalinya gue nelpon ke toko buku untuk nanya apa jilid 11-nya ada. Dan hampir semua took buku nggak ada, akhirnya Gramedia Pondok Indah yg masih nyisain 1. Gue nggak peduli waktu mas-masnya bilang udah kotor dan lecek, gue tetep beli dan bilang sama mas-masnya jangan sampe dibeli orang! Hahahaha #flashback

18.  Ulang tahun paling berkesan buat gue adalah pas ulang tahun ke-18. Banyak banget kejutan yg gue dapet pas ulang tahun ke-18. Gue juga sempet dapet kejutan nyanyian dari seseorang *ehem* yg cukup special buat gue. In the fact, I’m happy because of him at that time. His song, his voice, his smile.. bikin gue nggak pernah bisa ngelupain hari itu. Bahkan hari itu, selain ngasih lagu, dia bener-bener nyempetin seharian bareng gue dan ngaterin gue pulang bawa-bawa balon kayak anak kecil. Aaaah~ udah ah, jangan diinget-inget lagi, ck- #flashback

19.  29 Juli 2010, pertama kalinya gue ketemu sama pacar gue. Aaaaa~ hahaha gue ketemu dia di halte FIB UI. Hem, sayangnya waktu itu beda banget sama sekarang. Waktu itu statusnya masih pacar orang dan gue masih ngarepin si cowok yg pernah nyanyi waktu gue ultah ke-18 itu. Tapi sekarang? We are one *halah #flashback

20.  Gue jadian sama cowok gue tanggal 1 Januari 2011. Hari yg paling indah buat gue, tapi nggak menutup kemungkinan gue selalu pengen balik lagi ke tanggal 16 Desember 2010, karena tanggal itu adalah hari di mana gue dan dia hubungannya jadi terlihat jelas! Sama-sama ketauan deh kalo selama ini sama-sama suka, wkwk- tapi anehnya hari itu kita nggak langsung jadian karena sama-sama belum yakin kalau jadian secepat itu. Pdkt dulu deh~ #flashback

21.  Lebaran tahun 2010, gue dapet duit lebaran yg lumayan banyak. Hasilnya, gue bisa beli hp Samsung Corbi, hp qwerty dengan duit gue sendiri :D #flashback

22.  Pertama kalinya gue trip vacation bareng temen-temen gue dengan embel-embel penelitian padahal sekalian liburan ke tiga kota sekaligus, Solo-Pacitan-Jogja, yaitu bulan Juni 2011 dari tanggal 5 sampe 11. #flashback

23.  Entahlah sejak kapan gue mulai males + takut sama yg namanya ondel-ondel. Yg pasti, temen-temen gue berhasil bikin gue nangis gara-gara dipaksa foto bareng ondel-ondel di museum Fatahillah bulan Juni 2011. #flashback

24.  Bulan Agustus awal, pertama kalinya gue berani naik kereta sendirian HAHA! Gue naik commuter dari stasiun Cawang sampe stasiun Lenteng Agung dengan bayar tiket sebesar enam ribu rupiah. Padahal dulu gue sempet trauma gara-gara pernah jatuh dari kereta di stasiun Gondangdia, ckck- #flashback
25.  Waktu SD gue nonton sinema Asia di SCTV judulnya At The Dolphin Bay. Itulah akar dari mengapa sekarang gue suka banget sama lumba-lumba, laut dan beserta isinya. #flashback

26.  Tahun 2010 menjelang akhir, gue pernah ikutan lomba novel yg diselenggarakan oleh Gagas Media, tapi belum menang. Senengnya, gue dapet sertifikat wkwk- #flashback

27.  Ngomongin soal naskah, gue aktif nulis novel sejak SMP kelas 7. Dari cerita yg nggak jelas, sampe yg mendekati masuk akal haha. Gue pertama kali memberanikan diri ngirim naskah gue ke penerbit waktu kelas 9 SMP ditemenin sm bokap gue. Dan ditolak! Wkwk- terus gue nyoba lagi pas kelas 11 SMA. Itulah pertama kalinya gue berkunjung ke Gramedia Pusat untuk kirim naskah. Dan belum ada kabar sampe sekarang (sudah hampir bertahun-tahun berlalu). Ckck- gue pernah juga punya pengalaman nggak ngenakin waktu kirim naskah ke sebuah penerbit. Gara-garanya naskah gue terlantar malah dikabarkan hilang! -______-“ menyedihkan! #flashback

28.  Gue pernah nonton bioskop sendirian saking stressnya nggak ada kerjaan dan emang dasarnya lagi pengen sendirian wkwk- pulang sekolah, tanpa ada niatan pengen nonton sendirian sebelumnya, gue naik angkot ke arah yg berlawanan dengan jalan pulang. Tiba-tiba di pertengahan jalan gue jadi kepengen nonton, dan nontonlah gue sendirian. Waktu itu nonton New Moon di Cinere 21. #flashback
29.  Gue paling suka baca novel karya Agnes Jessica. Pertama kali baca novelnya pas kelas 7 SMP. Mulai baca lagi SMA kelas 10. Sekarang koleksi novel Agnes Jessica yg gue punya udah ada 9 judul dan semuanya gue sukaaaaaa banget! Apalagi yg judulnya ‘Dongeng Sebelum Tidur’ dan ‘Piano di Kotak Kaca’. #flashback

30.  Pertama kali gue pentas dalam ‘berakting’ alias bermain drama, yaitu pas kuliah bulan Desember di FIB UI dalam acara PK (Petang Kreatif). Rasanya campur aduk, bodohnya gue sempet melakukan kesalahan, yaitu salah ngucapin dialog ckck- #flashback

31.  Film bioskop yg pertama kali gue tonton adalah Dinosaur pas umur 5 tahun. Gue nonton film animasi itu bareng bokap gue. Yg paling gue inget dari suasana nonton pertama itu adalah jadi di sebelah gue ada anak kecil yg nonton bareng bokapnya juga. Tapi ternyata ank kecilnya tidur, bokapnya yg nonton dan sempet nangis pas ada adegan sedih. Koplak!! Hahaha #flashback

32.  Ada satu film yg menginspirasi gue sampe akhirnya gue jatuh cinta banget sama balon, yaitu film animasi: UP, si rumah terbang wkwk- #flashback

33.  Gini-gini, gue pernah masuk TV. Hahahaha! Waktu SD gue jadi penyanyi Qasidahan dan tampil di acara unjuk gigi anak-anak SD di TVRI, hehehe :p #flashback

34.  Tahun baru 2010 adalah tahun baru pembawa berkah buat gue. Gue menemukan sebuah insipirasi buat nulis Cuma gara-gara ketemu sama temen abang sepupu gue, nyahahaha. Akhirnya dalam waktu tiga hari gue melahirkan sebuah novel (tulis tangan) berjudul ‘Tahun Baru Kedua’. #flashback

35.  Yg terakhir, gue paling suka nulis buku diary. Semuanya diawali sejak gue duduk di kelas 6 SD dan rutinitas menulis diary masih gue lakukan sampai sekarang, sekitar 6-7 tahun ini. Buku diary gue ini gue kasih nama yaitu Fidho, sama kayak nama blog gue. Buat gue, curhat dengan buku diary itu menyenangkan dan gue seperti punya dunia sendiri di sana :D #flashback

And well, gue rasa cukup lah cerita flashback gue. Kebanyakan malah kalo gue bilang hahaha. Sebenernya masih banyak banget yg mau gue certain, tapi gue rasa 35 cerita singkat ini cukup membuat gue lelah berpikir, mengingat-ingat karena memang sudah hampir buram, hahaha

Pada akhirnya, gue memang telah melalui banyak hal dalam hidup gue. Dari yg gue labil banget suka sama Ricky Harun, sampe kejadian jatoh dari kereta yg bikin gue trauma dan bangkit sekaligus untuk nyoba naik kereta lagi. Begitu juga dengan proses perjalanan kisah tentang gue yg suka nulis. Dari yg Cuma nulis cerpen sampe akhirnya bisa nulis novel. Dari yg ngirim naskah dan naskah gue hilang, sampe akhirnya gue berhasil ikutan lomba meski belum menang, hahaha

Dan gue menikmati proses perjalanan hidup gue. Semuanya jadi pengalaman hidup yg bisa bermanfaat buat kehidupan gue di masa mendatang nanti. Yg mungkin suatu hari bisa gue certain ke temen-temen gue, ke anak cucu gue hahahaha :D

It’s my life, it’s my experiences, and it’s wonderful! I like it :D
Ini kisah flashback gue, kalau kisah lu? :’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar