9 September 2011

My Yellow The Cat



Gue punya binatang peliharaan di rumah. Meski gue suka banget sama lumba-lumba, gue justru punya kucing di rumah. Warnanya kuning dengan corak batik melingkar di tengahnya. Temen-temen gue yg pernah ke rumah dan lihat kucing gue bilang seperti lollipop corak pola bulunya. Dan kebanyakan orang yg lihat kucing gue, pasti rasanya gemes dan kepengen punya juga. Ya, dia Si Kuning, kucing gue.

Waktu itu gue berulang tahun yg ke-17. Gue cukup bahagia karena banyak surprise yg gue terima hari itu dari temen-temen sekolah gue. Begitu gue pulang bawa banyak kado, gue dikejutkan dengan satu kado lagi saat tiba di rumah. Kondisi badan yg lelah karena terlalu banyak tertawa dan bersenang-senang seharian ini, mendadak rasa lelah itu hilang, musnah. Nyokab bokap gue justru udah nyiapin kado yg sangat-sangat istimewa buat gue.

Hari itu, tanggal 20 November 2009, kucing kecil berwarna kuning itu ada di rumah gue. Gue lihat dia pertama kali, dia lagi asyik tidur di sofa ruang tengah kebanggan yg kami punya. Bahkan nyokab gue dengan usilnya sempet nutupin seluruh badannya pake kain yg awalnya mau dimanfaatkan sebagai selimut. Tapi begitu gue buka kain itu dan gue lihat seekor kucing kecil menggemaskan sedang terlelap, mendadak gue berteriak histeris karena terlalu senang.

Sejak pertama kali lihat, gue udah jatuh cinta banget sama kucing gue itu. Saat itu dia masih kecil, mungkin umurnya baru dua atau tiga bulan. Pokoknya benar-benar kecil. Warnanya kuning hampir mirip cokelat. Bulunya bahkan masih terasa banget kalo itu bulu anak kucing yg baru lahir, haluuuss banget!

Kebiasaan yg paling menyenangkan dan sering gue lakukan bareng dia adalah bercanda. Gue buat bola-bola dari gulungan kertas atau sengaja gue buat dari benang wol. Dia juga paling senang ngejar-ngejar bola atau gigit-gigit mainannya sendiri. Kadang gue suka bercandain dia dengan tangan gue sendiri. Kalau nanti dia sudah gemas sendiri, dia terkam tangan gue dan dia gigit-gigit. Bukannya teriak kesakitan tapi gue malah ketawa karena gigitan dari giginya yg masih kecil-kecil itu terasa menggelikan hahahaha

Hmm- gue sempet beberapa kali merundingkan sama nyokab, nama apa yg bagus buat kucing gue ini. Tapi gue nggak pernah nemuin nama yg pas buat kucing gue ini. Pernah suatu kali gue nemuin sebuah nama buat nama kucing gue, yaitu Haris. Hahahahaha gara-garanya gue ngefans banget sama temen sekelas gue waktu kelas 2 SMA waktu itu. Temen gue yg namanya Haris itu terbilang yaaa~ cukup tampan, putih, tinggi, dan humoris. Dia duduk di depan gue waktu itu. Kalau gue nggak ngerti sama pelajaran hitung-hitungan, gue selalu minta ajarin dia, karena dia memang pintar. Dia bahkan juara kelas selama dua semester waktu itu. Yg gak bisa gue terima saat itu adalah ketika gue harus tau bahwa dia udah punya pacar yg namanya Lely, yg sering dia panggil sebagai bidadari kecil, hhhh- *loh? Curcol*

Akhirnya kucing gue pernah punya nama selama tingga di rumah gue. Kucing ini bukan kucing biasa buat gue. Dia bahkan bikin gue belajar banyak hal dari sifat-sifat atau kebiasaan-kebiasaan yg sering dia lakukan. Contohnya, gue baru tau kalau ada kucing yg setia dengan pasangannya. Bukan Cuma anjing yg bisa setia sama majikannya, tapi kucing juga bisa setia. Yg sering kita tau adalah kucing itu paling hobi dan doyan banget kawin, gonta ganti pasangan pula. Tapi kucing gue, dia ngajarin yg namanya setia sama gue. Jadi. Kucing gue ini paling doyan makan ikan cuek yg dicapur pake nasi. Nyokab selalu rutin ngasih kucing gue makan tiap pagi siang malem. Kalau nyokab lagi nggak bisa ngasih makan, kadang gue yg nyiapin makanannya. Dalam urusan makan, terkadang kucing itu rakus dan nggak mau berbagi. Itu yg sering gue perhatikan pada kucing-kucing yg berkeliaran di sekitar rumah gue. Tapi lain hal untuk kucing gue, dia justru malah senang berbagi. Khususnya sama pacarnya. Kucing gue ini nggak pernah langsung makan begitu makanannya udah disiapkan di dapur. Tapi kucing gue justru ninggalin makanannya keluar rumah. Gue awalnya bingung, tapi diamkan saja. Begitu kucing gue balik lagi, dia ngajak salah satu kucing cewek yg sering gue lihat berkeliaran di rumah gue. Dan dengan baiknya, kucing gue mempersilahkan kucing cewe itu makan sepuasanya. Setelah kenyang, barulah kucing gue makan jika masih ada sisa.

Gue bener-bener melotot dan nggak nyangka setelah melihat kejadian itu berulang-ulang. Meskipun terkadang, kucing gue suka makan duluan dan menghabiskan semua makanannya tanpa sisa. Mungkin kucing cewe yg ditunggu kucing gue kelamaan nggak dateng-dateng, atau kucing gue udah keburu patah hati ngeliat pacarnya lagi ‘kawin’ sama kucing cowok lain. Alamaaakk~

Setelah hampir setahun lebih kucing gue tinggal di rumah gue, gue sempet mempelajari sifat-sifat kucing lewat kucing gue. Gue baru sadar kalau ternyata kucing gue nggak bisa ‘kawin’. Lebih tepatnya dia nggak ngerti sama yg namanya ‘kawin’ ala kucing. Ckck- cukup dong majikannya nggak pernah punya pacar waktu itu, masa iya kucingnya ikut-ikutan nggak ngerti soal pacaran?? *terus, apa hubungannya?*

Meskipun kucing gue nggak bisa ‘kawin’, tapi dia tetep setia sama kucing cewe yg gue rasa adalah pacarnya. Padahal sebenernya gue tau kalau kucing cewe itu Cuma satu-satunya di sekitar rumah gue. Sedangkan kucing cowok yg berkeliaran di rumah gue itu banyak banget. Jelas kan, kalau tau-tau tuh kucing cewek ngelahirin 5 anak kucing dengan bulu yg mirip ibunya dan sisanya berwarna hitam, hitam putih atau bahkan putih, udah jelas-jelas itu semua bukan anak-anaknya kucing gue! *esmosi*

Kucing gue warnanya kuning. Bahkan setiap kucing cewe itu melahirkan, satupun anaknya nggak ada yg sewarna sama kucing gue. Ckck- tapi hebatnya, kucing gue selalu sayang sama anak-anak kucing cewe itu. Bahkan waktu masih kecil sempet diajak main bareng atau dijilat-jilat (kalau dalam bahasa kucing itu artinya sayang). Oh malangnya kucingkuuu~ kamu sungguh tulus sekali.

Pindah ke lain topik. Ada lagi kebiasaan kucing gue yg kadang bikin heran tapi lama-lama bikin kesel hehehe. Kucing gue nggak pernah mau minum air sembarangan. Di mana-mana, yg gue tau kucing itu kalau minum nggak milih-milih. Air kubangan di aspal kalau dia lagi haus pasti diminum. Tapi kucing gue nggak! Dia terlalu higienis kalau gue bilang. Hobinya kalau mau minum, dia paling bisa bikin seisi rumah ikutan bersuara main suruh-suruhan. Jadi, kalau mau minta minum, kucing gue mengeong dengan volume tinggi dan sangat berisik. Apalagi dia mengeong nggak Cuma sekali, tapi berkali-kali sampai ada orang yg mengambilkan dia segayung air dari bak mandi. Ckckckck- lihat kan kelakuan kucing gue? Pernah suatu hari bokap gue ngediemin kucing gue yg lagi ngeong-ngeong minta minum. Bokap pengen tau, apa kucing gue bisa nyerah dan akhirnya minum air wc. Tapi sayang sekali, perkiraan bokap gue gagal. Kucing gue justru nggak berhenti ngeong di dalam kamar mandi, bikin berisik. Akhirnya bokap gue yg nyerah dan ngambilin dia segayung air. Kucing gue nggak pernah mau minum air selain air bersih, air kamar mandi rumah gue. *sigh~

Lu semua tau nggak kenapa gue tiba-tiba nulis tentang kucing gue? Gue lagi prihatin melihat kondisinya saat ini. Memang gue akui, beberapa terakhir ini gue lalai memperhatikan dia. Gue bahkan lupa mengurus jam makannya dan gue rasa jam makan kucing gue sedikit berantakan. Apalagi beberapa hari terakhir nyokab bilang, tukang sayur nggak ada yg jualan ikan cuwek. Persediaan ikan cuwek lagi jarang. Sayangnya kucing gue nggak pernah lahap kalau makan tapi menunya bukan ikan cuwek. Dia nggak doyan daging ayam meski terkadang gue lihat sesekali dia menguyah daging ayam. Mungkin terpaksa karena dia harus makan, pasti perutnya sakit karena nggak makan-makan.

Badan kucing gue kurus banget saat ini. Padahal bulan kemarin masih sehat bugar, gemuk dan berisi. Dia masih bisa mengeong seperti biasanya, tapi sekarang dia bersuara pelan sekali. Nyokab bilang kucing gue sakit. Mungkin karena beberapa hari nggak keurus dan efek dari perkelahian antar kucing. Sejujurnya, kucing gue in icemen, nggak macho. Dia pengecut, penakut, dan sok pemberani. Banyak kucing cowok yg mungkin nggak suka sama kucing rumahan kayak dia. Akhirnya dia sering berantem sama kucing liar yg pastinya lebih berpengalaman dalam urusan berantem, cakar-cakaran sampai gigitan. Kucing gue nggak… dia nggak bisa berantem. Yg dia bisa Cuma minta tolong sama orang rumah begitu tau dia lagi berantem sama kucing liar. Bokap gue yg paling nggak bisa ngeliat kucing gue ‘dihajar’ habis-habisan sama kucing liar, sampe sering matahin sapu rumah Cuma buat mukul kucing liar itu, tapi nggak pernah kena. Ck- adek gue juga ikut-ikutan kesel kalau lihat kucing gue babak belur sampe bulunya rontok berterbangan di mana-mana. Dan yg paling bikin gue sedih waktu kucing gue kakinya luka dalam gara-gara berantem sama kucing liar itu. Gue nggak tau kakinya itu digigit atau dicakar lalu robek.

Selama kurang lebih dua minggu gue selalu rutin ngasih betadine ke kaki kucing gue kalau dia lagi tidur. Itu supaya kucing gue nggak kaget dan marah karena rasa perih dikasih betadine. Gue yakin banget pasti rasanya perih banget. Kalau dia manusia, mungkin dia udah berteriak kesakitan minta ampun. Alhamdulillah, sekarang lukanya udah sembuh berkat kucing gue yg juga rajin menjilati lukanya sendiri. Ada yg bilang, bahwa air liur kucing itu sendirilah obat dari lukanya.

Saat ini kucing gue lagi susah makan. Itu tandanya memang beneran sakit. Yg gue khawatirkan adalah badannya yg kurus itu akan semakin kurus kalau dia nggak juga mau makan. Matanya berair terus. Kadang-kadang gue lap dan bersihin matanya pake kapas basah. Kucing gue Cuma diam saat gue urusin dia. Biasanya, kucing gue paling nggak pernah mau diribetin dengan hal-hal semacam itu. Ujung0ujungnya pasti bercanda dan dia gigit-gigit tangan gue :’)

Ya allah, kangen sama tingkah lucunya si kuning. Suaranya yg lantang, dan kebiasaan jeleknya kalau lagi minta minum di kamar mandi. Dan semua tingkah lakunya yg menggemaskan. Yg sekarang nggak pernah kelihatan karena dia bener-bener lagi lemah banget :’(
Semoga kamu cepet sembuh ya, Pus :’)
ikan cuwek yg dibeli nyokab harus mau kamu makan yah, biar kamu ada tenaga. Biar badan kamu nggak sekurus ini :’)
get well soon yah, my yellow :’) I miss you so~ *meong*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar