19 Oktober 2011

Katalog Naskah, PNRI :D

wholaaaa :D
masih dengan kebiasaan aneh gue yg nggak terkendali ini kalo udah 'ngebet' luar biasa, NULIS coy.
berhubung gue lagi males nulis di buku diary, gue nulis di blog aja dah. sayang-sayang kalo udah dibuat, di-setting sebagus mungkin tapi nggak gue update, jiahahaha

cerita gue kali ini adalah kunjungan ke PNRI alias Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. ini kunjungan pertama gue loh *kampungan abis baru tau PerNas di mana* gue, siang itu, bisa sampe di sana juga karena tuntutan 'daftar hadir' perkuliahan mata kuliah Pengantar Filologi yg kali ini lagi bagian Pengantar Kodikologi. hari itu hari Senin, tepatnya tanggal 17 Oktober 2011, untuk pertama kalinya gue masuk ke PerNas, naik lift ke lantai 5, dan memulai perkuliahan.



gue masih semester 3 di jurusan studi Jawa UI. sekarang-sekarang ini lagi diperkenalkan dengan naskah dalam wujud yg sebenernya. selama ini gue cuma denger naskah itu seperti apa dan isinya apa, tulisannya bagaimana. tapi di semester ini, gue mau nggak mau harus tau naskah secara TEKS (Filologi) dan FISIK (Kodikologi).

hari senin waktu itu, dosen gue yg udah guru besar itu ngasih gue sama temen-temen gue tugas untuk 'buka' yg namanya katalog naskah. jadi katalog naskah itu semacam buku yg berisi daftar nama-nama naskah yg ada. karena gue belajar dari 'kepala kosong' atau 'nol', akhirnya gue buka dari indeks yg ada di belakang katalog naskah. di situ, gue cari judul naskah yg menarik buat gue dan minimal gue harus dapet 2 katalog naskah dalam satu judul.




suasana siang itu cukup *zink sendiri. secara ya, kita baru mulai nyari dan baca katalog naskah jam setengah 3 sore. sementara jam setengah 4 udah harus get out dari PerNas. gilaaaa, kalang kabut semuanya berebutan katalog naskah buat nyari judul naskah yg mereka juga belum tau mau nyari apa wkwkwk


itulah yg gue rasain. meskipun tadinya gue sama temen gue, Asti, udah janjian mau nyari judul naskah bareng, ujung-ujungnya berpencar juga hahaha
begitu juga dengan pacar gue, wisky. tadinya kita juga sepakat mau ngerjain tugas ini bareng-bareng, ujung-ujungnya sibuk masing-masing hahaha



susah dah emang kalo udah tugas mandiri. mau nggak mau harus sibuk sendiri dan dapet hasilnya sendiri. kalau ngandelin orang lain dan nunggu hasilnya dari orang lain, pastinya tugas kita nggak akan selesai. malah mungkin, kita nggak mendapatkan apa-apa.
tapi, yaaa lumayan lah gue dapet juga dua judul naskah dan masing-masing juga terdapat dalam dua indeks yg berbeda.





alhamdulillah sih pulang membawa hasil meskipun pengeluaran untuk ongkos tidak terkira bakal 'mengalir' sebanyak itu hahaha. tapi nggak apa-apa lah. demi masa depan... yg penting bisa tau di mana PerNas, dan dapat ilmu bagaimana caranya membaca katalog dg kondisi 'kepala kosong' alias 'nol' :D
OH IYA! gue juga dapet oleh-oleh loh dari sana, bisa terdaftar jadi anggota dan punya ID CARD-nya deh hahahahaha *lumayan buat menuh-menuhin dompet :p

kapan-kapan pacaran di PerNas aaaahhh~ *ups! hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar